20.11.08

Belajar Kerja :)

Ya, memang nggak bisa gitu juga yaa. Kalo kerja beneran nanti, nggak bisa milih-milih kan mau kerja sama siapa, mau bikin apa, nggak kayak projekt pas kuliah aj. Ho3. Jadi, memang harus bersiap kalo cara kerja partner nggak sesuai sama kita.

Nggak cuma dalam kerjaan. Kadang organisasi atau kegiatan juga gitu, cuma karena setidaknya semua satu visi (setidaknya, waktu RG pertama kita nyamain visi kegiatan kan?), tetep searah. Beda dengan ngembangin software, kan? Kalo cara kerjanya beda-beda, kan susah juga.

Ada yang nggak bisa coding barengan dan pada tahap seperti ini kadang memang masih sulit buat bagi bagi-bagi fungsi buat di-coding-in. Ada juga yang semuamuanya bener-bener dikerjain sendiri, dari perancangan, desain sampe sistem jadi (byk lo yg kayak gini). Ada juga yang udah dikasi kerjaan malah nggak dikerjain. Tapi, ada juga yang bener-bener dibagi-bagi kerjaannya! Kayak kelompok PKL gw di LAPAN! x)

Waktu bikin sistem berbasis web Lapan Polar Satellite, kita brainstorming bareng2, storyboard antarmuka juga bareng-bareng, pokoknya hampir perancangan awal semuanya bareng. Nah, pas implementasi dibagi-bagi, trus dikumpulkan deh ke integratornya. Saat itu integratornya gw (info: gw juga ngerjain UI sama beberapa fungsi ko!) dan berasa banget job mapping timnya. Semua anggota tim susah bareng. Cari tau bareng. Diskusi bareng. Aakh, pokoknya suka! :)

Beda kalo ketemu orang yang susah banget diajak kerja bareng. Mungkin gw belum pernah segitunya sampe bener-bener nganggur dan nggak ngapa2in juga. Nah, kalo kayak gitu, baiknya sih tanya2 terus dan minta kerjaan. Jangan sampe nganggur juga, cz nggak enak banget. Nah, the problem is, kalo kerja gw itu fokus. Jadi, apa yang jadi jobdesc dan lingkup kerja gw lah yang gw kerjain.

Mungkin, masih mungkin, sebaiknya dalam tahap ini ga usah terlalu fokus dulu. Kalo kerjaan kita udah selesai, bisa cari tau buat kerjaan yang lain. Sekaligus belajar. Cari tau. Gitu.

>
Ayo Vie, makanya, lebih banyak coba-coba! x)

0 comment:

Post a Comment