26.12.07

RPL Projekt : CHALLENGE "The Order of Jarwo"

Sebelumnya gw memang belum pernah ngungkit-ngungkit 'masalah' ini yaa? Huf! Jadi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah salah satu mata kuliah yang mesti diambil semester ini. Lingkupnya berkisar pada pembuatan software beserta spesifikasi perancangan (SKPL) dan dokumentasi pelaksanaan (DPPL) bahkan dokumentasi hasil ujinya (DHUPL) juga. Kelompok gw berisi 5 orang yang kemarin IT Today jadi co semua!

Awalnya jobdescnya gini :
- Ferdian Feisal a.k.a Ibonk
as Projekt Manager + co. Danus IT Today 2007
- Medria K. D. H. a.k.a Med
as Programmer + co. Pubdek IT Today 2007
- Nazar Taufik a.k.a Nano
as Tester + subco. Workshop VE IT Today 2007
- Yuhan A. K. a.k.a Tsu
as Documenter + co. Humas IT Today 2007 (??*)
- Noviana Putri Kusumasari a.k.a Ov
as Designer + co. Acara IT Today 2007 *Its ME!*

Dan tebak kita akhirnya mau bikin software apa coba? GAME RPG!! Paraaah deu! Bener-bener ga kebayang di awalnya, kecuali Ibonk yang emang projekt managernya Weckerz. Soalnya emang nggak ada yang kayak gini. Huf! Dan gara-gara nggak kebayang, SKPLnya juga kaco, karena contoh kita tu di luar "konteks" yang udah kita tentukan. Gitu deu!

Pelajaran no. 1 :
Setelah jungkir-balik-kayak-apaan-tau, akhirnya berdasarkan informasi yang dikumpulkan ternyata SKPL itu bener-bener tergantung sama softwarenya. Jadi, kalo emang nggak butuh database, yauda nggak usah pake ERD. Pokoknya "fleksibel" dan tergantung sama softwarenya banget de! Selanjutnya untuk DPPL dan DHUPL tinggal dikaitkan aja sama SKPL dan pelaksanaan pembuatn softwarenya.


Nah, karena dari awal kita nggak kebayang, makanya SKPL sebelum revisi kaco banget! Segitu aja bikinnya sampe nggak tidur. Apalagi pelaksanaan pembuatan programnya. Huf!Dan akhirnya, jobdescnya berubah jadi..

- Ibonk as Projekt Manager, Programmer & Macem2^
- Ovie as Designer (ttp!^) & Collision Master
- Matt as Scenario Writer
- Nano as Substances Finder & Collision Master
- Tsu as Collision Master & Invisible(ck,ck)!

Bukan karena nggak profesional, tapi emang karena medannya beda parah! Heu..

Nah, Jumat besok semua harus dikumpulin : Software dan DHUPL. DHUPL dikumpulin berarti SKPL dan DPPL harus udah fix karena sangat terkait. Sementara hari ini mungkin software masih 50%an. SKPL udah lumayan diedit. Sisanya? Huf!

Udah programnya susah dan nggak biasa (Kak Nur -asdos RPL- said implicitly), anggotanya co semua pulaaa! Co IT Today 2007 pulaaa!! Huf.. SMANGAT! SMANGAT! xD

.. semoga hari ini programnya beres, amiiiin ..

1 comment:

wildan rachman said...

hohoho, semangat ! Btw, acara it today nya keren !

Post a Comment